MMC : aplikasi alternatif untuk keperluan converting beberapa file video (avi, flv, mpeg, 3gp dan ogg) di Ubuntu

Kemarin saya dikasih sebuah video dari teman(sebut saja bunga :P) yang berekstensi .ogg. Mungkin agar video .ogg ini bisa diputar disistem operasi(khususnya windus) teman saya, karena ada teman saya juga yang ingin menonton video ini diwindus(kata teman saya file .ogg ini gak bisa diputar diwindus :WTF:). Maka dari itu saya pun membantu teman untuk melakukan konversi video tersebut dari .ogg ke .flv.

Okeh langsung saja, untuk melakukan convert video dari .oog ke .flv sebelumnya kita membutuhkan paket/program untuk mengkonversi file video yang akan kita rubah. Buka terminal Application >> Accessories >> Terminal, kemudian ketik seperti dibawah ini

darmanex@hyp3r5ux:~$ wget -c http://www.miksoft.net/products/mmc_1.4.3_i386.deb


Setelah selesai, sekarang kita tinggal menginstall paket yang baru saja kita download dengan cara mengClick double pada paket tersebut atau bisa juga lewat terminal dengan perintah dpkg -i nama_paket.deb. Tunggu beberapa saat, maka setelah melakukan instalasi kita bisa mengaksesnya melalui Application >> Sound & Video >> Mobile Media Converter



Setelah di Click maka akan muncul window dari aplikasi converter seperti dibawah ini

Click button "+", setelah itu pilih path/lokasi video yang akan dikonversi. Pada gambar diatas saya memilih video yang berekstensi .ogg dan selanjutnya memilih tipe file video (saya memilih .flv seperti yang saya lakukan pada gambar diatas) yang akan dirubah pada option "Conversion to".

Setelah menunggu beberapa saat maka hasil dari konversi tadi seperti berikut



Hemm..sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi konversi lainnya seperti mencoder, Ogv to flv converter, and de el el, tapi karena memang saya juga tidak mau repot untuk masalah convert mengconvert, maka MMC ini saya pilih untuk kebutuhan converting beberapa tipe file video di OS saya. :D



5 thoughts on “MMC : aplikasi alternatif untuk keperluan converting beberapa file video (avi, flv, mpeg, 3gp dan ogg) di Ubuntu”

  1. @KibotAncur
    wah..kalo itu saya belum mencobanya..
    mungkin kapan-kapan saya akan mencoba melakukan implementasi mengenai file audio.. ;;)

Leave a Reply

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice