Legit
CopyLeft!© | darmanex
2008 - 2017
design by Dzignine
Powerd by Blogger
November 9, 2009

Ubuntu Jogja berkolaborasi di Karmic Release Party Solo

Setelah beberapa waktu lalu Ubuntu rilis dengan codename Karmic Koala, para komunitas Ubuntu khususnya yang berada di Indonesia beramai-ramai akan mengadakan acara Release Party. Yang dimana ada beberapa daerah yang juga akan diadakannya acara Release Party sesuai list yang berada di Wiki Ubuntu. Pada kesempatan kali ini, Komunitas Ubuntu Jogja juga ikut meramaikan sekaligus berkolaborasi dalam acara Karmic Release Party Solo pada hari Minggu, 8 Nov 2009 yang bertempat di Restoran “Solo Kuliner”, Jl. Juanda No. 34 Jurug, Solo.

Dalam acara Karmic Release Party Solo tersebut pesertanya cukup banyak, diantaranya adalah sebagian besar dari masyarakat solo dan hadir juga adik-adik dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Diacara Karmic Release Party Solo menghadirkan dua narasumber yaitu bapak Nanung Nur Zula dan TIM GOS ELSTRUM dari UMS.
Acara pertama dibuka oleh pak Nanung Nur Zula yaitu Review Ubuntu Karmic Koala, yang mempresentasikan beberapa fitur-fitur terbaru dari Karmic Koala. Dan juga mereview sedikit mengenai beberapa distro-distro linux yang terpopuler pada tahun-tahun yang lalu. Mungkin ini bertujuan agar para peserta tidak hanya mengetahui satu distro linux saja,tetapi alangkah bagusnya juga jika para peserta dapat mengetahui bahwa distro linux sangatlah banyak dan pengembangnya pun sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Peserta pun memperhatikan dengan baik apa yang dipresentasikan oleh pak Nanung Nur Zula. Diacara kedua yaitu mengenai testimoni/kesaksian menggunakan Ubuntu 9.10. Pada acara kedua ini ternyata ada salah seorang peserta yang telah menggunakan Ubuntu 9.10 dan berbagi pengalaman ke peserta lain pada saat menggunakan Ubuntu 9.10, tim dari SPG Ubuntu Jogja yang hadir pun ikut berbagi pengalaman setelah hadirnya Ubuntu Karmic Koala.


Komunitas Ubuntu Jogja ikut berbagi pengalaman tentang Ubuntu Karmic Koala


Masuk ke sesi tanya jawab, ada seorang peserta yang mengajukan pertanyaan yaitu "bagaimana sih supaya user itu termotivasi agar bisa menggunakan sistem operasi Linux(ubuntu)" dan herannya si penanya(namanya lupa) ini mengatakan bahwa dia sudah sangat cinta dengan sistem operasi Windows. Ada waktu delay sekitar 3 menit pak Nanung pun langsung menjawab dan memberikan sedikit penjelasan mengenai sistem operasi Linux khususnya Ubuntu. Pertanyaan lainnya yaitu mengenai chipset Broadcom BCM4312 yang setelah melakukan instalasi wireless tidak terdeteksi di Karmic, kami pun menyarankan kepada si penanya agar terlebih dahulu menginstall beberapa paket yang diperlukan. Tetapi pada kasus saya berbeda, chipset yang saya gunakan juga sama yaitu Broadcom BCM4312 dan saya langsung saja memberikan intruksi klik System >> Administration >> Hardware Drivers, kemudian pilih Broadcom STA wireless driver. Dikasus saya berhasil dengan hanya mengklik sana-sini,tetapi pada mini netbook si penanya itu sepertinya masih butuh paket yang diperlukan.


Disaat break/istirahat sambil makan siang, tim dari SPG Ubuntu Jojga yaitu Radith menyempatkan waktu untuk mengisi acara break/istirahat ini dengan mendemokan desktop Karmic Koala yang sudah terinstall desktop effect compiz-fusion manager. Si Radith pun memperlihatkan beberapa effects dari compiz-fusion diantaranya Cube Gears, Paint fire on the Screen, Cube Reflection and Deformation dan effect-effect lainnya, para peserta sempat menatap kedepan layar desktop om Radith untuk melihat animasi keren dari effects compiz-fusion.

Setelah acara break/istirahat selesai, kini masuk ke acara berikutnya yaitu Demo Instalasi Linux Ubuntu 9.10. Diacara ketiga ini diisi dari TIM GOS ELSTRUM dari UMS. Pada acara demo instalasi ini, TIM GOS ELSTRUM dari UMS mengajarkan sekaligus menjelaskan kepada para peserta tentang instalasi Linux Ubuntu Karmic Koala secara detail dan jika sebelumnya telah mempunyai sistem operasi lain misalkan Windows juga ikut dijelaskan. Pada saat TIM GOS ELSTRUM dari UMS sedang melakukan demo instalasi, seorang peserta cewek dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta meminta agar Notebooknya diinstal dengan Linux Ubuntu 9.10.

Hingga sampai akhir acara, dari pihak panitia acara menyerahkan piagam kepada para narasumber sambil berjabat tangan. Dan dilanjutkan dengan foto bersama para peserta,narasumber, dan panitia.


Foto bersama Narasumber, Peserta dan seluruh Panitia acara Karmic Release Party Solo


Komunitas Ubuntu Jogja mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia Karmic Release Party Solo, beserta KPLI Solo dan juga kepada pak Nanung terima kasih atas pijat gratisnya... :D



2 comments:

  1. wah,, sip deh ubuntu Jogya,,
    mari sebarkan opensource.. hehehe

    ReplyDelete
  2. thanks kang udah mampir..
    sipz...mari menyebarkan apa yang harus disebarkan...hehehehe.. :D

    ReplyDelete

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice