Pengalaman menggunakan Linux

Tidak banyak sebagian orang mengatakan bahwa sistem operasi Linux kadang sukar atau pun sulit untuk digunakan, tapi memang yang saya rasakan selama ini tidak terlalu susah untuk menggunakannya. Awalnya pada saat saya mengenal dan menyukai sistem operasi Linux pertama kali itu karena keunikannya, kenapa saya mengatakan unik? ya, unik karena setiap akan melakukan instalasi(khususnya dibasis debian seperti ubuntu) kita cukup menggunakan Bank Aplikasi yang biasa disebut sebagai Repository dan tidak jarang juga katanya setiap akan menginstall software atau aplikasi dilinux itu wajib hukumnya untuk mengetahui instalasi aplikasi melalui terminal/konsole. Jadi intinya, pada saat akan instalasi beberapa software/aplikasi di linux kita tidak perlu repot-repot untuk membeli atau pun meminjam direntalan(kisah jadul masih maenan rentalan..ckckckk) agar bisa menggunakan software/aplikasi dilinux.

Agar mudah mendapatkan Bank Aplikasi atau Repository kita cukup mempunyai space di komputer/Laptop untuk memasangnya(bisa jg dengan menggunakan beberapa buah DVD atau HD eskternal), jadi tidak perlu repot lagi kesana-kemari mencari software/aplikasi yang akan diinstall. Misalnya, dengan hanya beberapa buah DVD atau sebuah HD eksternal kita sudah memiliki software/aplikasi dan selanjutnya ber-SAGI ria(baca:sudo apt-get install via terminal). Nah, tergantung lagi sebuah software/aplikasi jenis apa yang akan diinstall, apakah berupa source yang memang instalasinya perlu dikompilasi via terminal. AkhirnyaUntungnya, dokumentasi mengenai Linux kini sudah banyak beredar luas didunia maya(contohnya blog ini..hahayy*prett*) baik online maupun offline yang dimana dokumentasi tersebut dapat kita download dan dipelajari at home.

Seperjalan saya menggunakan sistem operasi Linux selama ini untuk masalah kebutuhan pelan-pelanbaik-baik saja, baik itu kebutuhan akan tugas kuliah dengan menggunakan aplikasi OpenOffice disaat membuat laporan, membuat skema arsitektur menggunakan OoDrawing, mengolah database, dan kebutuhan lainnya yang sekiranya saya perlukan. Untuk kebutuhan mendengarkan musik pun juga sudah sangat memuaskan. (rock)

Bagi anda yang penasaran dengan sistem operasi Linux cobalah dan langsung saja praktekkan atau diutak-atik juga kalo perlu, saya yakin anda akan merasakan perbedaan diantara dua dunia yakni terminal/konsole dan gui. :rofl:

_salam


2 thoughts on “Pengalaman menggunakan Linux”

Leave a Reply

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice