Legit
CopyLeft!© | darmanex
2008 - 2017
design by Dzignine
Powerd by Blogger
December 15, 2013

Automount and R&W EXT4 drives in Debian GNU/Linux

Setelah melakukan fresh install Debian GNU/Linux, hard drive saya yang bertipe EXT4 harus di mount secara manual tiap kali komputer dinyalakan dan juga tidak dapat membaca dan tulis sebuah/beberapa files begitu saja.

Agar hard drive melakukan mounting secara otomatis, Anda bisa menambahkan partisi hard drive yang bertipe EXT4 pada berkas /etc/fstab. Sebelumnya, silahkan cek partisi mana saja yang akan di mounting secara otomatis dengan mengetikkan perintah blkid pada konsole:

Selanjutnya buatlah direktori baru di /mnt untuk melakukan mount point pada hard drive agar dibaca secara otomatis tiap kali mesin linux  di nyalakan.
 # mkdir /mnt/nama_direktori  
OK, setelah direktori baru dibuat, saatnya menyunting berkas /etc/fstab untuk menambahkan hard drive yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Mungkin yang menjadi pertanyaan, dari mana mendapatkan UUID partisi hard drive seperti pada gambar diatas? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mengetahui UUID dari partisi hard drive pada mesin linux bisa dengan menggunakan perintah blkid. Setelah semuanya selesai, silakan save berkas fstab yang telah disunting dan lakukan remount dengan perintah mount -a. Kemudian ubah Owner dari setiap files yang akan di baca dan tulis agar mendapatkan permission pada direktori mount point yang telah dibuat sebelumnya dengan perintah:
 # chown -R namapengguna: /mnt/nama_direktori
and you're done. :)



0 comments:

Post a Comment

Please leave a comment and do not give a spam! Comments that smells of spam will be deleted without prior notice